Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Irigasi?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

  1. Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Inggris dan dikirimkan secara online via website jurnal. Untuk memasukkan naskah, penulis harus login terlebih dahulu. Pendaftaran online bebas biaya.
  2. Naskah harus berhalaman genap, dengan maksimal 14 halaman. Naskah ditulis dengan format Microsoft Office (.doc/.docx) or Open Office (.odt) format. Naskah ditulis dalam kertas A4 (21 cm x 29,7 cm), dengan format halaman mirror margins. Naskah dibuat dengan margin atas 3 cm, bawah 2,5 cm, dalam 3 cm dan luar 2 cm. Tidak perlu menampilkan halaman karena nomor halaman akan disesuaikan saat naskah akan dicetak.
  3. Title, Abstract, and Keywords ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris - Judul dan abstrak dibuat dalam 1 (satu) kolom. Judul sebaiknya dibuat tidak lebih dari 15 kata, menggunakan jenis huruf Cambria 12 pt, huruf besar, bold, center, 1 spasi. Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Indonesia, memuat 150-200 kata dalam satu paragraph, tidak menampilkan gambar ataupun tabel, justified, Cambria 9 pt, 1 spasi.
  4. Minimal ada 5 (lima) kata kunci yang dapat menunjukkan hal-hal yang menjadi fokus dalam naskah tersebut.
  5. Naskah terdiri dari Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih, Daftar Pustaka. Naskah utama ditulis dalam dua kolom, jarak antar kolom 0,8cm, 1 spasi, justified, 10 Cambria.
  6. Heading dibuat dalam 3 (tiga) tingkat. 
  7. - Bab Judul Bab ditulis dengan huruf capital, left aligned, bold, Cambria 10 pt, 1 spasi, penomoran menggunakan angka Romawi diikuti titik. - Subbab Judul subbab ditulis dengan huruf kecil (huruf awal kata kapital), left aligned, bold, Cambria 10 pt, 1 spasi, penomoran menggunakan angka bab diikuti titik angka diikuti titik. - Subsubbab Judul subsubbab ditulis dengan huruf kecil (huruf awal kata kapital), left aligned, Cambria 10 pt, 1 spasi, penomoran menggunakan angka.
  8. Gambar dan Tabel dibuat dengan resolusi minimal 300 dpi. Sumber gambar/tabel harus dicantumkan. Gambar dan tabel diberi nomor, huruf Cambria 9 pt, 1 spasi.
  9. Persamaan matematika ditulis dengan jelas, diberi nomor urut, dan disertai dengan penjelasannya.
  10. Sitasi dan Daftar Pustaka - Wikipedia, personal blog, website tidak ilmiah tidak dapat dijadikan sebagai sumber acuan. - Sumber acuan minimal 10 buah, dengan jumlah acuan primer 80% dari total sumber acuan. - Sumber acuan maksimal terbitan 5 tahun ke belakang. - Cara penulisan sitasi dan Daftar Pustaka secara lengkap dapat dilihat pada Pedoman Penulisan.
  11. Penyunting dapat menolak naskah berdasarkan hasil penilaian Mitra Bestari. Penyunting juga dapat membuat perubahan terkait gaya bahasa tanpa mengubah substansi naskah. Perubahan substansi akan dilakukan dengan persetujuan penulis.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Naskah belum pernah diterbitkan dan tidak dalam proses penerbitan di jurnal manapun (bila tidak memenuhi syarat ini, keterangan perlu ditambahkan pada bagian Komentar untuk Editor).
  2. File naskah menggunakan format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF atau WordPerfect.
  3. Tinjauan pustaka yang didapatkan dari internet telah mencantumkan alamat web untuk mengaksesnya (URL).
  4. Naskah telah memenuhi gaya selingkung dan cara penulisan yang tercantum dalam Petunjuk Penulisan, yang dapat dilihat pada bagian Tentang Jurnal.
  5. Langkah-langkah pada Petunjuk review anonim telah diikuti.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Penulis menyetujui hal-hal sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka secara online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya pensitasian yang lebih cepat dan lebih banyak dari setiap karya yang diterbitkan.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan dari jurnal ini dan tidak akan digunakan dan disebarkan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

 

Biaya Penulis

Jurnal ini menarik biaya dari biaya penulis berikut ini.

: 0,00 (AFN)

: 0,00 (AFN)